Pengusaha Keju Bertaraf Internasional Asli Boyolali Beromzet Ratusan Juta Rupiah

dok.pengusaha Keju chandraekajaya

Keju Indrakila adalah produksi keju dari kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Pengusaha Keju sukses ini adalah Novriyanto, dia lulusan UMS jurusan arsitek. Dengan modal 500 juta dari berbagai investor dia memulai usaha bisnis Keju. Berada didaerah karangjati, karanggeneng, Boyolali pabrik kejunya dia produksi. Masyarakat sekitar Boyolali terkenal dengan Susu sapi perahnya dan bisa mengumpulkan susu minimal 110 ton sehari dengan keadaan tersebut pengusaha keju ini memanfaatkannya. Produk Keju yang diproduksinya kini berstatus taraf Internasional. Setiap harinya pabrik kejunya bisa mengolah 50 kilogram keju. Ada tiga jenis keju yang dia produksi yaitu, mozzarella, keju keraf, dan keju feta yang saat ini sudah biasa dinikmati masyarakat di Indonesia.

dok.pengusaha Keju chandraekajaya

Keju Indrakila kini sudah mendapat izin berbadan BPOM, pemasarannya di Solo, Yogyakarta, Bali, dan sudah merata ke seluruh Indonesia. Produk keju Indrakila dihargai sebesar Rp. 90 sampai 150 ribu rupiah. Saat ini pengusaha keju Novriyanto bisa mendapatkan omzet 150 juta per bulan. Dengan membidik para pelaku industri serta ekspatriat yang menyukai keju lokal, Noviyanto berharap agar suatu saat nanti keju lokal bisa lebih diterima masyarakat Indonesia sehingga bisa memajukan perekonomian para peternak sapi perah di Boyolali. Kerjakerasnya dalam meracik resep keju yang pas serta perjuangannya mendapatkan lisensi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), kini telah membuahkan hasil manis sehingga Noviyanto menjadi salah satu pengusaha sukses yang berhasil mengolah susu boyolali menjadi produk keju unggulan.

Mengawali roda bisnisnya pada tahun 2009, lelaki berusia 33 tahun ini sebelumnya terlibat di Lembaga Donor Pemerintah Jerman bernama Deutscher Entwicklungsdient (DED) yang saat itu terjun ke Kabupaten Boyolali untuk memberikan pelatihan bagi peternak sapi mengenai pemanfaatan hasil susu. Noviyanto yang waktu itu berperan sebagai asisten seorang ahli produksi olahan susu dari DED yang bernama Benjamin Siegl, sedikit banyak ikut belajar bagaimana cara mengolah susu menjadi keju. Pengalaman inilah yang kemudian menguatkan tekad Noviyanto untuk merintis pabrik keju lokal di seputaran Kabupaten Boyolali. Salah satu investor terbesarnya adalah pengusaha Chandra Ekajaya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*