Pengusaha Sukses Harus Tahu Tips dan Trik Agar Bisnis Tidak Cepat Bangkrut

dok. Bisnis Chandraekajaya

Merintis usaha dari bawah memang sangat membanggakan, apalagi kalau bisnis sudah dirintis ketika masih sekolah. Ingat kalau merintis usaha bukan berarti akan menjanjikan kesuksesan. Banyak sekali pelaku bisnis akhirnya gulung tikar ketika gempuran pasar semakin kuat dan bertambah banyak. Pengusaha Sukses berpendapat, beberapa tips bisnis yang dibagikan tentang cara agar bisnis yang dirintis bisa terus eksis di tengah persaingan:
• Harus tahu permasalahan konsumen!
Apasih permasalahan konsumen terhadap produk anda? Cari tahu dan cobalah untuk mengerti apa yang di butuhkan konsumen pada produk anda. Supaya kosumen anda tidak lari ke pesaing anda. Dengan mengetahui persoalan tersebut anda akan lebih mengerti terhadap konsumen dan pasti konsumen anda akan menjadi marketing anda secara tidak langsung.

• Mengikuti perkembangan pasar!
Selalu mengikuti perkembangan pasar yang lagi tren dan diminati para konsumen. Dengan mengikuti perkembangan tren baru, secara tidak langsung kita dapat mengetahui minat para konsumen saat ini. Semakin cepat melihat dengan jeli arah mana konsumen berpaling, maka semakin kuat pula kita menguasai pasar.

dok. Bisnis Chandraekajaya

• Mengamati Pergerakan pesaing!
Laju pertumbuhan pesaing perlu diamati agar kita tahu siapa saja yang ikut bermain dalam usaha ini, dan strategi apa yang mereka gunakan agar bisnisnya berkembang. Kadang kala, belajar dari pesaing itu ada manfaatnya. Kita tidak boleh alergi dan menganggap pesaing sebagai musuh. Tidak ada salahnya menganggap mereka sebagai motivasi utama kita untuk tetap terus berkembang.

Fokus perkembangan usaha!
Tetaplah fokus untuk menentukan satu prioritas utama yang menjadi target bisnis, baik untuk rencana jangka panjang maupun pendek. Intinya adalah dengan menentukan prioritas utama yang ingin dicapai, secara tidak langsung kita dapat lebih fokus membawa bisnis semakin maju.

• Perluas jaringan produk anda!
Semakin banyak relasi, semakin banyak rezeki yang datang. Semakin banyak relasi maka semakin besar pula peluang kita untuk melakukan ekspansi bisnis. Biasanya, networking bisnis berdampak langsung dengan pemasaran sehingga dapat memajukan usaha dengan cepat.

Hal hal tersebut yang harus diperhatikan oleh calon calon pengusaha sukses. Cara cara tersebut sangat ampuh yang pernah dikerjakan oleh pengusaha Sukses Chandra Ekajaya dalam berbisnis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*