Yohanes Chandra Ekajaya Berbagi Tips Modern Penggemukan Sapi Potong

J Chandra Ekajaya & J Wijanarko usaha pengemukan sapi

pengemukan sapi Yohanes Chandra Ekajaya

Terdapat berbagai jenis sapi. Mulai dari sapi perah dan sapi potong. Untuk sapi perah diambil susunya untuk dibuat susu sapi dan olahan lainya, tapi untuk sapi potong diambil daging nya sebagai konsumsi olahan makanan. Siapa si yang ingin sapi yang dijual nya atau dibelinya kurus, karena tampilan sapi yang kurus akan mengurangi nilai jual sapi tersebut. Pada dasarnya sendiri sapi potong akan mengalami penggemukan secara alami dengan berdasar genetic bawaan sapi untuk menyimpan lemak kira-kira waktunya normal 6 bulan. Namun semakin berkembangnya ilmu pengetahuan kini penggemukan sapi mulai bisa disiasati dengan metode modern kereman. Yohanes Chandra Ekajaya akan berbagi cara penggemukan menggunakan sistem modern kereman.

Penggemukan dengan kereman sendiri adalah penggemukan sapi dengan cara memelihara sapi potong di dalam kandang dan memberikan pakan dasar berupa hijau-hijauan segar (rumput dan leguminosa), dan juga menambahkan pakan tambahan berupa konsentrat. Jumlah pakan tmabahan pun harus ditakar sedemikian rupa, minimal 1,5% dari berat badan sapi sendiri, dengan kandungan protein yang terdapat dalam pakan adalah antara 14 hingaa 16%.

J Chandra Ekajaya & J Wijanarko usaha pengemukan sapi

Namun menurut Yohanes Chandra Ekajaya dalam penggemukan sapi dengan sistem kereman ini juga harus tetap memperhatikan beberapa aspek, tidak bisa dengan seenaknya saja. Adapun aspek-aspek yang perku di perhatikan adalah sebagai berikut.

  1. Bakal Sapi Potong
  • Sapi jantan mudan yang telah mencapai tingkat dewasa.
  • Berumur 1 – 1,5 tahun
  • Berbadan kurus dan sehat
  • Bobot minimal 200kg
  1. Pakan Sapi Potong
  • Dedak padi/bekatul
  • Batang sagu (hati sagu)
  • Mixed mineral
  • Tepung ikan
  • Garam dapur
  • Bungkil kelapa

Jumalh nutrisi dan gizi dari makanan yang diberikan kepada sapi harus sesuai dan cukup untuk menjamin penambahan berat badan sapi. Pakan hijauan 30-40kg per ekor sapi, setiap harinya di waktu sore dan pagi. Bekatul 40kg, garam sebanyak 0,25kg serta air 6 ember setiap ekor sapi pagi harinya.

  1. Kandang sapi Potong

Kandang sapi potong sendiri harus berjarak 10-20 meter dari rumah atau sumber air, hal ini dikarenakan dapat mengganggu lingkungan sekitar atau mencemari sumber air. Ukuran kandang harus 125cm x 2cm per ekor sapi. Usahakan lantai terbuat dari semen agar mudah dibersihkan dari kotoran sapi. Hindari juga tempat makan dinaiki oleh sapi.

Nah berikut ini adalah sekelumit tips dan cara dari Yohanes Chandra Ekajaya tentang penggemukan sapi modern dengan cara kereman, masih banyak hal lain nya yang bisa diterapkan untuk semakin memaksimalkan penggemukan dengan cara kereman. Yang pastinya semua cara digunakan tidak meyakiti hewan, sehingga penggemukan akan mendaptkan hasil yang memuaskan dan nilai jual sapi potong pun akan meningkat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*